Remote Bisnis

Bisnis Digital 6+ Sumber Income

Bisnis Motivasi Pencerahan

Lebih Baik Mana, Kerja Dulu Atau Langsung Mulai Berbisnis ?

Bagikan ke

Remotebisnis.com – Hay, sebelum membaca sampai selesai coba jawab dulu tentang lebih baik mana kerja ngumpulin modal dulu baru buka bisnis atau langsung buka bisnis dengan modal seadanya ?

GARIS BESAR

Tentu 2 hal itu memiliki kekurangan dan kelebihan masing masing, jika kamu berbisnis langsung sudah pasti kegagalan harus siap kamu terima karena kurangnya pengalaman dalam berbisnis dan dunia kerja pastinya.

Ya tapi jika kamu bekerja dulu menabung dan mengumpulkan uang maka siap-siap untuk tertinggal start dengan orang lain yang sudah memulai bisnis duluan, orang lain sudah gagal, punya pengalaman dan sisanya tinggal menunggu sukses, sedangkan kamu baru mulai.

Tapi pada intinya itu kembali ke diri masing-masing, tidak bisa di pukul rata semua orang harus berani berbisnis langsung atau bekerja demi terkumpulnya modal tapi ada parameter yang bisa membuat decision kamu,

Sebagai contoh Jika belum siap dan butuh pengalaman makan kerja dulu karena sebagai karyawan kita akan belajar sendiri tentang bisnis di pekerjaan kita masing-masing.

karena jika langsung bisnis kita harus siap waktu 24 jam bekerja karena pemasukan kita, kita gantungkan pada bisnis ini, dan sudah pasti kamu harus menerima fakta bahwa pendapatan kamu akan tidak tentu.

ok saya coba breakdown masing masing poin yang sudah saya catat.

KEUNGGULAN KERJA DULU

1. Mengumpulkan modal

Tentu karena kita pernah bekerja kita sudah pasti punya tabungan untuk memulai bisnis dan ini point lebihnya, karena nyatanya memulai bisnis butuh modal kok, mulai dari modal internet, beli E-course, ikut pelatihan, beli buku, modal promosi dll.

2. Pengalaman sebagai karyawan

Jangan salah lo, walau kita bekerja sebagai karyawan biasa pasti sedikitnya kita punya ilmu tentang bisnis yang mana ini datang dari tempat kerja kita.

3. Memperbanyak relasi

Bukan rahasia lagi jika relasi cukup penting dalam bisnis, apalagi bagi yang baru memulai bisnis, karena dari relasi atau kenalanlah kita dapat informasi seperti itu info supplier, tempat penyedia bahan baku atau hal lainya yang pasti itu bisa menolong kita dalam memulai bisnis, bahkan bisa sampai kita ajak berpartner supaya dalam menjalankan bisnis kita tidak terbebani total.

4. Tekanan tidak sebesar memulai usaha

Tentu karena kita punya uang tabungan kita tidak akan terlalu keteteran jika bisnis kita rugi atau gagal karena toh kita masih punya modal, dan kebutuhan sehari-hari sudah terbackup di tabungan berbeda jika mulai bisnis langsung maka satu-satunya income akan bergantung pada bisnis itu.

5. Kerja hanya di waktu tertentu

Berbeda dengan berbisnis yang harus 24 jam siap, jika kamu kerja dulu kamu sudah pasti dapat uang bulanan, dan kerjapun di jam-jam normal antara jam 8 pagi sampai pukul 4-5 an.

KEKURANGAN KERJA DULU

Nah sekarang kekurangan jika kamu kerja dulu tanpa berbisnis atau mengakhirkan bisnis

1.Mau sampe kapan ngumpuliin modal usaha ?

Coba saya tanya, mau sampai kapan ngumpulin modal nya?, pasti bingung atau sekalipun bisa jawab pasti bukan jawaban yang pasti, benar kan ?, jika kamu berbisnis berpatokan pada modal maka sampai kapanpun kamu tidak ada siap karena akan terus merasa kurang modal.

2. Tidak akan pernah merasa siap

ini satu paket dengan point sebelumnya, yaitu karena sudah merasa enaknya bekerja dan dapat gaji pasti tiap bulan, maka keluar dari zona nyaman sangat sulit dan akan terus merasa belum siap, belum siap berbisnis yang mana bekerja harus siap 24jam, penghasilan yang tidak pasti dll.

3. Ketakutan berlebih

Rasa takut pasti ada dan itu wajar, justru jalan menuju sukses selalu di awali dengan melawan ketakukan, tapi yang salahnya adalah ketakukan yang berlebih, belum apa-apa sudah pesimis merasa gagal, bingung jika gagal gimana, ini dan itu dll.

KEUNGGULAN MEMULAI BISNIS LANGSUNG

Nah sekarang bagi kamu yang ingin memulai bisnis langsung ini ada berita bahagianya, yaitu :

Baca juga : 10 Ide Bisnis Di Daerah/Kampung dan Strateginya

1. Pengalaman didunia lapangan

Kan ada pepatah yang mengatakan bahwa “guru terbaik adalah pengalaman, dan pelajaran terbaik adalah kegagalan,”, jika kamu mulai bisnis langsung maka beribu-ribu pengalaman akan kamu dapatkan, rasakan dan ini akan jadi modal kamu untuk mengambil keputusan selanjutnya yang mana kali ini sudah berdasar pada pengalaman berharga kamu.

2. Lebih mudah bersyukur & beribadan lebih giat

Merasa satu-satunya pemasukan dari bisnis, maka kita akan lebih kerja keras dan totalitas karena kita sudah menggantungkan rejeki kita ke bisnis, dan ketika adanya pelanggan yang puas atau sekedar membeli produkmu maka kamu akan lebih mudah bersukur karena kamu tahu perjuangan kamu yang sulit dan dibalas walau hanya dengan closingan yang tidak seberapa tapi rasa sukurmu lebih dari apa-apa, giat berdoa dan beribadah sudah pasti.

3. Waktu mencoba dan bangkit pantang menyerah

Gagal coba lagi, gagal coba lagi terus dan terus ini adalah cara kita di asah supaya menjadi layak untuk sukses, sama seperti pisau yang harus di asah baru bisa terpakai dan layak untuk alat memotong.

jika pantang menyerah dan gigih adalah sifat orang sukses.

4. Lebih cepat, mudah, banyak ilmu baru yg didapat

Praktik langsung kelapangan untuk memulai bisnis ini adlah cara cepat mendapat pengalaman dan ilmu baru, tidak perlu teori yang banyak, berpikir lama, tapi langsung terjun ini akan membuat dan membentuk sifatmu, karaktermu.

BAHAYA ATAU RESIKO MEMULAI BISNIS LANGSUNG

Tapi tetap ada sisi riskan dan bahaya jika kamu memulai bisnis langsung

1. Tersitanya waktu 24 jam, karena 24 jam adalah waktu kerjamu

Jangan salah dan jangan dipikir memulai bisnis layaknya mengerjakan tugas biasa dan riset gitu-gitu aja, tapi yang kadang orang tidak siap adalah bekerja 24jam, yup 24jam.

Pagi kamu mikirin konten, siang kamu mikirin orderan yang sepi, sore mikirin cara promosi baru, malam belajar hal-hal baru, dan terus menerus, ditambah income yang tidak pasti karena kamu menggantungkan rejeki pada bisnismu ini

2. Interaksi sosial menjadi kurang

Cape dan tahu bahwa tidak ada waktu bersantai , kamu akan terus belajar, bekerja dan mencari ide untuk bisnis kamu yang mana ini akan sedikit mempengaruhi sosial di lingkunganmu, bayangkan saja 24 jam berfikir terus dan bekerja…

3. Ekstra tenaga 

Terkadang akan ada kala waktu dimana kamu merasa salah dan gagal total, karena tenaga mu habis, tidak hanya fisik tapi mental kena juga, jadi butuh tenaga super extra untuk memulai bisnis, belum lagi cibiran dan sindiran dari teman, sodara bahkan

3. Kemungkinan gagal lebih besar

Walau tidak ada rumus pasti orang akan gagal atau berhasil, tapi idelanya orang yang baru mulai bisnis pasti GAGAL, tidak ada yang lancar dan berjalan enak gitu saja, tetap akan ada titik gagal dan menyedihkan, apalagi pengalaman masih sangat minim.

Nah itu tadi sisi baik dan buruknya/ risiko jika kita memulai bisnis atau bekerja dulu lalu bisnis, tidak ada yangg salah dari keduanya karena banyak orng yang sukses dengan memulai bisnis langsung dan ada yangg harus menunggu bertahun-tahun mengumpulkan modal dan berbisnis.

Intinya dari 2 pilihan itu 1 yg pasti adalah kegagalan didepa mata, jika kamu memulai bisnis jangan harap berjalan lancar dan mulus-mulus saja, akan ada rintangan yang akan menjatuhkan kamu kedalam lubang kegagalan dan penyesalah selalu ada

hayooo gimana? silahkan buat keputusan, itu semua terserah pada kalian, baik buruknya kalian yg akan merasakan :), ygterpenting jangan menyerah dan terus berusaha raihlah kesuksesan versi masing-masing, jangan pernah menyamakan cara, jalan dan hasil kesuksesan,

Jangan lupa share dan tinggalkan komentar ya.

Terima kasih

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *

logo

Dapatkan 6+ sumber income di REBI, apa itu ? klik Disini

0812 2268 5659|@remotebisnis