Remote Bisnis

Bisnis Digital 6+ Sumber Income

Bisnis Bisnis, Jualan Online Sosial Media Teknik Marketing

8 Hal Sepele Yang Bisa Membuat Live di TikTok-mu di Banned

Bagikan ke

RemoteBisnis.com – “8 hal sepele yang tidak boleh di lakukan saat live tiktok”. Tiktok sekarang masih menjadi aplikasi sosial media paling populer di gunakan, apalagi adanya fitur Live + Tiktok Shop. Memang sekarang banyak sekali para pebisnis yang live di TikTok, bahkan artis-artis pun live di TikTok ikut jualan juga.

Tapi masalahnya banyak sekali orang yang resah saat live Tiktok karena dikit-dikit kena banned. Maka dari itu disini saya akan menjelaskan hal-hal yang tidak boleh dilakukan saat live di TikTok.

Hal-hal ini adalah hal-hal yang sering luput dari perkiraan kita saat live di TikTok karena ya bisa dibilang sepele tapi akibatnya bisa di banned.

Perlu di ingat ya disini saya membahas pelanggaran yang terlihat sepele dan jarang diketahui. Untuk aturan tertulis lainya bisa baca langsung di situs tiktoknya.

MELIBATKAN ANAK KECIL

Jangan pernah memasukan anak kecil pada live TikTok kamu entah itu cuma lewat atau bahkan di ikut sertakan di live. AI TikTok hebat banget bisa mendeteksi visual dah apa yang kita katakan jadi sangat pernah lakukan ini ya.

MENYEBUT MEREK ATAU BRAND

TikTok sensitif sekali pokoknya, jadi saat live jangan pernah mengucapkan nama merek atau brand manapun selagi kalian bukan official akun atau akun yang memang terverifikasi terafiliasi dengan brand tersebut. Makanya nggak jarang para penjual itu punya sebutan atau kode tertentu untuk menyebut produk mereka.

TIDAK MENAMPILKAN WAJAH DALAM 1 MENIT / DIAM

Ini si sudah jelas, jangan pernah keluar dari frame live dalam durasi lama, apa lagi lebih dari 1 menit, usahakan gantian dengan orang lain aja jika butuh keluar dari frame live.

Makanya nggak jarang ada orang live yang disana ada objek lain yang bergerak karena tujuannya supaya tiktok tidak mendeteksi live kamu sebagai live statis.

Baca juga 15 Website AI Untuk Headline Copywriting

MENYEBUT NAMA MARKETPLACE/SOSIAL MEDIA LAIN

TikTok Live identik dengan jualan tentu tempat jualan lain ya nggak boleh disebut, seperti shopee, tokopedia dll. Nama marketplace adalah kata-kata HARAM di Tiktok saat live jadi pastikan gunakan nama istilah atau nama inisial seperti toko oren, ijo, merah dll.

Nama sosial media juga jangan, usahakan jangan nyebut ya.

MENYEBUTKAN ALAMAT/NO HP

Saat live hati-hati jangan pernah menyebut alamat juga. Entah kenapa tiktok emang super sensitif karena hal ini banyak sekali bukti penjual yang diberhentikan livenya karena hal ini bahkan ada yang sampai di banned.

Pastikan kalian juga jangan sampe menyebutkan atau spill nomor hp atau kontak ya.

Baca juga : 17 Teknik Promosi Yang Terbukti Menghasilkan

Kayanya tiktok maunya orang itu membeli di TikTok jangan offline atau via chat.

MEMPERLIHATKAN LAYAR HP

Nah ini nih hal sepele yang banyak menimpa penjual saat live. Mentang-mentang sudah tahu tiktok melarang menyebut sosial media, marketplace, alamat dan kontak kadang penjual gegabah main nunjukin layar hp. Oke lah untuk nunjukin nama toko, rating toko, kontak, testimoni dll. Tapi ya memang faktanya TikTok nggak suka ini.

Jadi hati-hati ya.

BERKATA-KATA KASAR/MENGUMPAT

Ini sih sudah pasti ya, jangan pernah berkata-kata kasar atau mengumpat, usahakan juga menggunakan bahasa indonesia yang formal aja, karena jika menggunakan bahasa campur-campur takutnya kedeteksi umpatan.

TERLALU BAIK PADA VIEWER

Ini sih bonus info hehe, saat live jangan terlalu menuruti kemauan viewer karena faktanya cukup banyak kasus para penjual yang terjebak oleh viewer.

Terjebak gimana? seperti apa ? okay saya jelasin nih.

Ada beberapa kasus viewer yang sebenarnya adalah kompetitor bisnis kamu. Mereka sengaja memancing kamu dengan cara bertanya apa toko online nya, marketplace nya, kontaknya.

Nggak jarang juga yang minta untuk di try on atau di coba lalu meminta memperlihatkan hal-hal atau bagian-bagian tertentu yang mana kalo kamu nggak teliti ceroboh pasti akan terpancing dan pada akhirnya kena banned.

Karena jadi intinya hati-hati dengan pertanyaan dari viewer karena bisa jadi itu jebakan.

Oh iya ada 1 lagi jebakannya yaitu pura-pura jadi akun Tiktok bot atau official (fake account) dengan cara mengirim pesan seakan itu pesan sistem tiktok. Jangan terkecoh dengan hal-hal ini ya.

Thanks dan membaca artikel ini, semoga live TikTok mu rame penonton dan pembeli.

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *

logo

Dapatkan 6+ sumber income di REBI, apa itu ? klik Disini

0812 2268 5659|@remotebisnis