Remote Bisnis

Bisnis Digital 6+ Sumber Income

Bisnis Copywriting Teknik Marketing

Decoy Effect Trik Marketing Pengecoh Harga

Bagikan ke

RemoteBisnis.com – Jika kamu datang ke restoran, cafe dll lalu kamu melakukan pesanan maka perlu diingat bahwa pesanan kamu atau pilihan kamu itu tidak murni dipilih atas dasar kemauan kamu tapi hasil dari perhitungan atau teknik yang dilaukan oleh pihak restoran atau cafe tersebut, dan salah satunya teknik yang sering di gunakan adalah decoy effect.

Apa Decoy Effect

Decoy Effect: Trik Psikologi Harga yang Bikin Omsetmu Naik | LatihID | LINE  TODAY

Decoy Effect adalah sebuah trik psikologi harga dimana seorang konsumen cenderung mengganti pilihan diantara dua opsi saat diberikan opsi ketiga yang tidak seimbang. Pilihan – pilihan ini membuat satu harga menjadi tidak masuk akal, sementara satu terlihat sangat menguntungkan.

Inti dari decoy effect adalah meningkatkan omset penjualan dengan bertujuan supaya produk dengan margin lebih tinggi dipilih oleh pembeli, jadi secara tidak langsung setiap kamu memilih pesanan dari menu kemungkinan besar itu adalah produk yang memiliki margin besar.

Cara Kerja Decoy Effect

Oke saya akan mensimulasikan cara kerja decoy effect. 

Seandainya kamu sedang pergi ke bioskop lalu kamu hendak membeli pop corn. Lalu di papan menu ada 2 pilihan popcorn :

  • Ukuran kecil = 20.000
  • Ukuran besar = 60.000

Sekarang coba pilih, size mana yg akan kamu pesan ?

Dan saya yakin pasti kamu pilih size kecil, dan para pemilik bisnis tidak mau hal itu terjadi, maka mereka mancari cara supaya kamu memilih ukuran besar yaitu dengan menambahkan ukuran baru di menu menjadi.

  • Ukuran kecil = 20.000
  • Ukuran Sedang = 55.000
  • Ukuran besar = 60.000

Kalau kamu seperti kebanyakan orang, pilihan kamu kini mungkin sudah berubah ke ukuran sedang, dan ketika kamu telah menentukan pilihan ke ukuran sedang maka kasir yang rata-rata cantik dan tampan akan mempengaruhi mu dengan bilang ;
“Pilih size besar sekalian kak, cuma nambah 5000”, dan sepersekian detik otak kamu langsung menconvert kata-kata kasir tersebut seperti “oh iya cuma 5rb bisa dapat size besar”, “cuma 5rb ga mahal”, “wah untung banget dapat size besar, ga rugi” dll, intinya tawara kasir dan selisih angka yang mempengaruhi kamu dan terlihat itu juga sangat menguntungkan kamu.

Ketika emosi sudah mengambil alih lalu dalam sekejap pilihan kamu beralih lagi, ke Popcorn ukuran besar,,, dan selamat kamu terkena Decoy Effect

Masih belum paham kenapa kamu masuk ke Decoy Effect ?, ok Sederhananya adalah Penjual popcorn ingin agar orang-orang membeli popcorn berukuran besar daripada yang kecil, karena sudah jelas ukuran besar jauh lebih menguntungkan alias marginya lebih besar.

Caranya adalah dengan memasukkan opsi ketiga, yaitu ukuran sedang yang sama sekali tidak menarik (dan tidak seimbang) yang memang tidak dimaksudkan untuk dipilih melainkan hanya demi mengacaukan pilihan kamu karena aneh saja dari ukuran kecil ke sedang dan sedang ke besar selisih harganya tidak imbang. 

Intinya adalah untuk membuat harga popcorn ukuran besar memiliki value yang lebih baik karena seakan akan size besar lebih murah karena kenaikan harga dari size sedang ke besar hanya 5000..

Opsi size sedang yang sengaja dibuat tidak menarik dan itu disebut disebut sebagai Decoy.

Variasi Decoy Effect

Ok berikut teknik dan variasi decoy effect yang bisa kamu gunakan pada bisnis :

a. Harga Dengan Ukuran

Variasi ini adalah salah satu contoh kasus popcord tadi.

Contoh bisnis yang sering menggunakan konsep decoy effect ini antara lain Starbucks, Popcorn, Jco, dan lain sebagainya. Selain industri F&B, produk smartphone juga sering memainkan trik psikologis harga ini dengan perbandingan harga dan ukuran storage yang ditawarkan.

Coba kamu ingat baik – baik, apakah kamu sering terpengaruh oleh penentuan teknik seperti ini ? Jika iya tulis di komentar produk apa yg membuat kamu terpengaruhi. 🙂

b. Paket Harga & Fitur Didalamnya

Paket harga dengan penawaran fitur di dalamnya sering kita lihat di produk digital. Berbeda dengan konsep ukuran yang tujuannya untuk up selling ke harga tertinggi, konsep decoy effect ini bisa dilakukan dengan:

  • Menawarkan harga ketiga yang kurang menarik dan sulit dijangkau pembeli.
  • Mengarahkan pembeli ke harga tengah yang sama- sama sebagai harga masuk akal sekaligus menguntungkan pembeli dan penjual.

Berikut contohnya di penerapan Filmora :

Ada 3 harga, yang mana di harga Annual Plan fitur tidak lengkap dan biaya langganan pertahun adalah 39.00, Annual Bundle Plan harga paling mahal dan fitur lengkap biaya tahunan 99.87, andai kan 2 harga yang terdapat di list paket mungkin akan terlihat normal, tetapi jika ditambahkan paket baru dengan harga pertengahan fitur lengkap dan tanpa biaya bulanan, jadi mana yang akan kamu pilih ? .. yup sudah pasti paket yang tanpa biaya tahunan dan itulah kenapa paket dengan tanpa biaya tahunan di fokuskan dengan ditambah tag “Most POpular”

Contoh bisnis yang paling banyak menggunakan fitur ini antara lain hosting, email marketing provider, software aplikasi dan layanan digital lainnya.

c. Bundling Harga
Konsep bundling harga tidak berbeda jauh dengan konsep sebelumnya. Sederhananya adalah penjual akan memberikan harga grosir untuk mereka yang membeli dalam jumlah lebih banyak.

Baca juga : CARA JADI SUKSES WALAU KAMU PEMALAS

Misalnya saja :
– Beli 1 domain = $35
– Beli 2 domain = $70
– Beli 5 domain = $78

Jadi mana sekiranya yang akan laris dipilih oleh orang lain ? yup Walaupun belum tentu orang akan menggunakan 5 domain semuanya tetapi kemungkinan besar kamu orang akan memilih paket 5 domain ini karena sangat menguntungkan dari matematis

Hal yang sama juga terjadi saat kamu melakukan pembelian harga grosir untuk produk fisik. Harga paket 3 pcs atau 5pcs seringkali kamu ambil karena menarik dan menguntungkan, meski kamu tidak benar- benar membutuhkan semua produknya.

Aneh memang tapi itulah seni dari marketing dalam penggunaan Decoy Effect.

Decoy Effect Bisa Meningkatkan Penjualan Lebih dari 60%

Secara alami kita sebagai manusia lebih dominan menggunakan emosinya dalam melakukan sesuatu, sangat jarang kita mengambil keputusan absolut atau logis.

Pada dasarnya Kita tidak memiliki referensi nilai untuk harga sebuah produk atau layanan, melainkan membuat perbandingan dari opsi-opsi yang tersedia didalamnya, dan kita akan memilih mana yang paling menguntungkan. dan sangat wajar decoy effect memberikan efek rasa emosional bahwa kita sangat di untungkan dengan pilihan kita

Dari fakta tersebut, Decoy alias umpan dapat dengan mudah meningkatkan peluang hingga lebih dari 60% untuk mengarahkan pilihan dari opsi-opsi yang tersedia ke pelanggan. dan pada akhirnya pelanggan membeli produk atau jasa kita dengan margin yang paling tinggi atau produk yang kita harapkan dibeli oleh pelanggan.

Kesimpulan

Decoy Effect merupakan salah satu teknik yang cukup sangat powerful dan dapat digunakan secara kreatif dalam strategi pricing dan aktivitas marketing yang kamu lakukan dalam produk atau jasa kamu. Dengan mengaplikasikannya secara tepat, kamu dapat meningkatkan penjualan dengan mengarahkan konsumen untuk memilih opsi yang paling menguntungkan kamu.

Dan sebaliknya, sebagai konsumen, Decoy Effect adalah hal yang perlu diperhatikan saat kita menentukan pilihan ketika berbelanja.

Ini seharusnya dapat membuat kita sadar, bahwa seringkali pilihan yang kita ambil terkadang datang dari persepsi yang salah, yaitu: saat kita ingin berhemat atau merasa lebih hemat tapi pada kenyatannya kita justru merogoh isi kantong lebih dalam.

Jadi apa pendapatmu ? silahkan komentar sebebasnya

tonton juga versi vidionya di bawah ini :

Bisnis belum jalan atau stagnan ?

JOIN BISNIS BARENG KAMI

KLIK DISINI

KLIK DISINI


Follow IG saya untuk mendapatkan hal-hal menarik seputar bisnis

FOLLOW IG @mcdani.saputra

FOLLOW IG @mcdani.saputra

FOLLOW IG @mcdani.saputra

SoureceVidio:

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *

logo

Dapatkan 6+ sumber income di REBI, apa itu ? klik Disini

0812 2268 5659|@remotebisnis