Remote Bisnis

Bisnis Digital 6+ Sumber Income

Bisnis Copywriting Teknik Marketing

17 Teknik Promosi Yang Terbukti Menghasilkan

Bagikan ke

RemoteBisnis.com – Kamu ingin menaikan omset bisnis ? tapi bingung cara apa yang sudah terbukti bisa menaikan omset, jika iya maka artikel ini sangatlah cocok untuk Anda.

Dalam mempromosikan produk sangatlah wajib kita memiliki strategi atau teknik tertentu untuk menaikan profit atau omset, namun memang tidak mudah untuk memilih dan menentukan teknik yang tepat seperti apa, maka dari itu disini REBI akan membagikan teknik atau ide promosi yang sudah terbukti menghasilkan dan menaikan omset.

Mau jualan di sosial media, marketplace atau di google, Anda bisa menerapkan teknik-teknik super ampuh ini.

Langsung saja,

1. BESOK HARGA NAIK

Semakin menunda, orang akan membayar mahal. inilah yang harus kita lakukan, yaitu memikirkan agar orang tidak mau menunda-nunda, karena penyakit terbesar seorang calon pembeli adalah menunda-nunda, “ah besok saja deh belinya; nanti ya tanya istri/suami dulu; kapan-kapan ya; dll “.

Yang paling penting dari teknik ini adalah jangan pernah berbohong !, jika harga akan naik maka naikanlah, dan buatlah batas yang asli dalam menentukan harga akan naik, maka pembeli kamu akan percaya dan dikemudian hari jika kamu membuat promosi harga naik mereka akan percaya.

2. GRATIS ONGKIR

Tidak sedikit orang yang tidak jadi membeli produk karena ongkirnya yang cukup mahal. Taktik ini akan sangat memancing target market Anda terutama yang berada di luar kota, pulau, atau jauh dari tempat bisnis Anda.

Perlu Anda perhatikan saat memberi Gratis ongkir, Anda harus bisa memperkirakan harga ongkir maksimal yang diberikan, jangan sampai menerapkan teknik ini omset naik tapi Profit malah berkurang, intinya jika menerapkan gratis ongkir Anda harus sudah memperhitungkan segalanya.

3. VOUCHER

Keberadaan Voucher memancing orang untuk berbelanja lebih atau berbelanja lagi, maka potensi repeat order semakin tinggi, dan tidak hanya itu efek referral pun akan muncul dari pembeli Anda yang membagikan pengalamannya berbelanja.

Voucher yang bisa Anda buat, seperti :

  1. Belanja total 500rb dapat Voucher 100rb
  2. 2 kali transaksi mendapat voucher, dan berlaku untuk pembelian selanjutnya
  3. Dapat Voucher setelah membeli produk sebanyak x

4. UPLOAD FOTO, DAPAT KUPON

Teknik ini sangat direkomendasikan untuk produk makanan, jadi setiap kali pengunjung atau pembeli mendatangi toko Anda atau membeli produk makanan Anda, Anda bisa memberi mereka hadiah baik itu voucher, gratis makanan, bonus atau sejenisnya dengan syarat mereka harus mengupload foto makanan anda, barang yang di beli di tempat anda atau foto selfie mereka sedang berada di tempat Anda ke Sosial Media.

Trik ini sudah jelas tujuannya untuk menjangkau lebih luas pasar dengan cara memanfaatkan sosial media para pembeli mereka. Sudah jelaska kini kekuatan sosial media sudah tidak diragukan lagi.

5. COBA GRATIS

Memberikan sample kepada pembeli adalah salah satu trik yang bisa kamu lakukan, trik ini cocok untuk produk makanan, jasa atau pelatihan dan sejenisnya.

Ketika orang mencoba suatu hal secara cuma-cuma alias gratis biasanya mereka akan memberi feedback baik kepada kita, dan itu secara psikologis adalah hukum timbal balik, yang mana berilah pembelimu sesuatu maka mereka akan kembali lagi kepadamu bahkan menjadi customer setiamu.

6. PAKET SUPER HEMAT

Pernahkan Anda makan disebuah restoran atau rumah makan yang menyediakan paket hemat atau bundle produk dalam 1 harga, hal ini sering ditemui di marketplace sekalipun. Teknik ini memberi asumsi kepada pembeli seakan produk kamu lebih mudah karena sudah didalam 1 harga, dan hal ini akan sedikit menyulitkan pembeli membandingkan produkmu dengan orang lain.

7. BONUS GILA

Trik ini bertujuan supaya pembeli merasa Bodoh karena tidak membeli produkmu, dan hal itu bisa terjadi ketika produkmu memiliki bonus yang nilainya luar biasa atau produk yang memiliki arti dan berguna bagi pembeli. contoh :

  1. Membeli Suplemen gratis menjadi member Gym 1 Bulan
  2. Ikut weminar gratis 40 Video E-Course
  3. Beli 2 Bakso, Gratis 1 Bungkus Bakso
  4. dll

8. TINGGAL SEDIKIT LAGI

Trik ini bisa Anda lakukan jika memang stok produkmu tinggal sedikit. Disinilah kecerdasan kamu dalam melakukan promosi. JIka stok di gudang dibawah 10 kamu bisa sebutkan angka pastinya seperti “Stok tinggal 6, Stok tinggal 3 dll”, tapi jika stok produkmu lebih dari 10, kamu tinggal bilang saja “Stok tinggal sedikit lagi”, ini akan menimbulkan efek ambigu bagi calon pembeli.

Yang terpenting jangan pernah berbohong ya.

Baca juga : 7 Teknik Jualan di marketplace pasti laris

9. DAFTAR CHECKLIST

Pernah tidak ketika kamu ke service motor atau mobil dengan hanya niat memperbaiki sesuatu atau sekedar mengeceknya tapi tiba-tiba mekanik datang dengan membawa list dan menyarankan untuk mengganti atau memperbaiki bagian-bagian lainya. Trik ini mirip seperti up sell atau Cross-selling, tujuannya memberi saran atau penawaran kepada pembeli yang datang kepada toko atau tempat kita.

Baca juga : Pahami ‘Paradox of Choice’ Jika Bisnismu Ingin Berkembang

10. DOUBLE BINDING

Pasti kamu pernah mengalami hal yang mirip seperti ini, contoh ketika kamu membeli minuman di sebuah mall atau tempat lain lalu kamu ditawari “Mau minuman yang seger atau yang Enak ?”, lalu pedagang menyarankan Jus A, yang mana Jus A adalah produk yang harganya di atas rata-rata alias mahal wow kan.

Jadi pada intinya, mau kamu memilih minuman yang seger atau yang enak, ya tetap Jus A akan di sarankan.

11. HARAKIRI

Teknik ini sedikit nekat, karena praktiknya kita menjelekan produk atau jasa kita sendiri dengan tujuan membuat stigma pembeli bahwa kita orang yang jujur karena berani menyebutkan kekurangan atau sisi buruk produk atau jasa kita.

Contohnya,

  1. “Dijual rumah tua lama, harga murah”
  2. “Jangan beli produk saya, karena tidak sempurna”

12. QUOTE TOKOH

Taktik ini mirip dengan testimoni, tapi bukan testimoni, maksudnya ?…

Anda bisa mencantumkan kata-kata atau quote tokoh-tokoh terkenal dengan tujuannya meningkatkan kepercayaan pembeli kepada produk atau jasa kamu.

14. PRODUK BERSERI

Taktik ini adalah membuat orang untuk mengoleksi produk yang Anda. Contoh yang paling sering adalah komik, Film, Novel dll.

Dalam penerapanya kamu bisa membuat produk yang memiliki keterkaitan dengan produk kamu sebelumnya supaya pembeli merasa senang dan suka akhirnya mereka membeli bukan karena butuh tapi karena senang mengoleksi.

15. KHUSUS HARI INI

Teknik ini banyak dilakukan, dan sepertinya kamu sudah tahu dan familiar dengan ini. Tujuannya adalah memberi ketergesaan pembeli supaya membeli produk kamu langsung hari ini juga, detik ini juga.

Kamu bisa memberi voucher, bonus atau hal lain dengan syarat membeli atau berbelanja sekarang/hari ini.

16. HADIAH KEJUTAN

Coba untuk memberikan hadiah, voucher, diskon atau hal lainya secara tiba-tiba kepada pembeli maka pembeli akan merasa di spesialkan dan efeknya pembeli akan puas, karena pada dasarnya apapun yang kita berikan jika kita memberi sesuatu secara tiba-tiba kepada pembeli maka mereka akan senang dan sudah pasti mereka akan membagikan pengalaman mereka ke teman atau keluarga.

Apalagi jika teknik ini diterapkan pada pembeli wanita, maka viralnya akan cepat.

Baca juga : 4 Ide bisnis online yang cocok untuk pemula

17. UPGRADE MEMBER/PAKET

Orang senang jika mereka diperlakukan spesial. Nah perlakukanlah pelanggan kamu dengan kamu mengeluarkan paket atau mengadakan sistem member supaya meningkatkan loyalitas dan antusiam mereka, dan hal ini juga bisa memfilter mana customer loyal atau customer biasa.

KESIMPULAN

Pilih taktik, gunakan seperlunya.

Taktik promosi tergantung jenis bisnisnya kamu apa, karena tidak semua taktik bisa digunakan pada bisnis kamu.

Nah jadi apa bisnis kamu dan pakai taktik apa? yuk diskusi di komentar.

Terima kasih

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *

logo

Dapatkan 6+ sumber income di REBI, apa itu ? klik Disini

0812 2268 5659|@remotebisnis