Remote Bisnis

Bisnis Digital 6+ Sumber Income

Bisnis Bisnis, Jualan Online Sosial Media

10+ Tips Ampuh Jualan di Instagram Yang Sudah Terbukti

Bagikan ke

Kamu ingin laris jualan di Instagram ?, tapi bingung harus seperti apa dan dari mana memulainya ? dan ingin sedang mencari cara jualan di instagram yang sudah terbukti ampuh ?, berarti kamu di tempat yang tepat, baca artikel ini sampai akhir ya.

Berjualan disosial media instagram secara organik memang cukup membutuhkan tenaga, waktu dan effort yang tidak main, maka dari itu sangat penting kamu mengetahui cara atau trik-trik ampuh yang sudah pasti akan dan bisa membuat bisnis kamu naik dan makin melejit dan Ini dia 10+ Tips rahasia jualan online di Instagram yang terbukti efektif untuk dilakukan

1. Pisahkan Akun Bisnis dan Personal

Tips jualan online di Instagram yang pertama dan wajib adalah menggunakan akun bisnis karena terasa lebih profesional baik dari fitur dan diberikan dan penilaian di mata target market Kamu.

Jadi kamu harus memisahkan akun bisnis dan personal, Kamu juga dapat menjaga citra dari bisnis untuk tidak bercampur dengan pribadi Kamu.

Untuk penamaannya, Kamu bisa gunakan nama bisnis Kamu ataupun menggunakan kata kunci yang sering dicari atau familiar dari bisnis Kamu seperti @jual_kaos_polos, @pusat_grosir_tas_import dll.

Perlu diingat, menggunakan kata kunci jadi nama akun memang cukup efektif, tetapi nantinya Kamu bisa kesulitan membangun brand dikarenakan tidak “membiasakan” calon pelanggan dan pelanggan terhadap nama dari brand atau merk Kamu.

Karena itu REBI tetap menyarankan untuk menggunakan nama brand yang simpel, singkat, jelas, dan unik apabila Kamu ingin kedepannya bisnis Kamu benar-benar dibangun secara profesional.

2. Tambahkan Profil Bisnis pada Bio

Penting di bisnis online, untuk memberikan informasi yang ringkas, padat, dan benar-benar menjelaskan tentang produk atau jasa yang Kamu ditawarkan oleh bisnis yang Kamu jalankan, apalagi bio Instagram yang sangat terbatas

Di bio kamu harus bisa menjelaskan bisnis atau usaha kamu apa, fitur apa saja dan sudah pasti cantumkan kontak bisnis kamu.

3. Posting secara rutin

Saat ingin membangun suatu bisnis online menggunakan platform manapun dan salah satunya Instagram adalah kamu harus dan wajib upload konten secara ruting dan konsistem.

Memang kenapa? Karena ada sangat banyak pengguna Instagram, dan sebagian besar dari setiap akun akan mengikuti banyak akun, maka kemungkinan posting Kamu akan tenggelam di antara akun-akun.

Dengan membuat jadwal posting, ditambah dengan desain khas bisnis Kamu, ini akan semakin memperbesar peluang bisnis Kamu untuk dilirik oleh target market, terutama mereka yang telah menjadi pengikut Kamu.

Baca Juga : Jangan Ngiklan di Sosial Media Sebelum Tahu ini

4. Desain Postingan yang Unik dan Menarik

Terkait dengan posting, tips tentang penjualan online di Instagram yang sangat efektif adalah memastikan foto atau video yang diposting terlihat menarik dan juga terkonsep dan memiliki karakteristik sehingga pembaca akan segera mengetahui posting mana dari akun bisnis Kamu.

5. Deskripsi/Caption yang Menarik

Tidak hanya tentang foto dan video yang diposting, deskripsi atau caption juga sangat penting bagi Kamu untuk memperhatikan, karena keterangan ini adalah bagian lain yang dapat menentukan apakah pembaca tertarik atau tidak dengan produk atau layanan yang Kamu tawarkan.

Jangan malas untuk menulis deksripsi, tetapi pastikan pembaca akan dapat membacanya dengan mudah dan bahasanya tidak membingungkan, Kamu dapat mengisinya dengan spesifikasi produk, harga, atau penjelasan lain yang tujuannya adalah untuk memberikan informasi,

6. Menggunakan Hashtag yang Relevan

Setelah foto, video, dan juga keterangan, hal lain hal utama dalam tips penjualan online di Instagram adalah untuk menentukan tagar apa yang akan Kamu gunakan di setiap posting ini.

Hashtag adalah salah satu yang dapat dikatakan sangat penting dalam mempromosikan bisnis atau memposting di platform Instagram, dan tentu saja strategi menggunakannya akan sangat penting untuk memperhatikan.

Kamu dapat menggunakan tagar sebanyak mungkin, tetapi perlu diingat bahwa menggunakannya terlalu banyak dan tidak relevan dengan posting Kamu bahkan tidak akan memberikan hasil yang memuaskan.

Faktanya, Lebih baik jika Kamu menggunakan tagar tertentu secara khusus mungkin sehingga ketika seseorang mencari tagar Kamu akan dengan mudah muncul karena sedikit kompetisi.

7. Pasang Iklan Tertarget

Saat akan beriklan atau mempromosikan suatu postingan, pastikan Kamu sudah benar-benar mengetahui siapa saja target pelanggan atau pembeli dari produk atau layanan Kamu.

8. Pilih Endorser yang Tepat

Tidak hanya beriklan langsung di Instagram, Kamu juga dapat membayar para akun besar atau public figure yang biasanya berasal dari selebriti atau influencer, untuk mempromosikan produk dan layanan Kamu.

Pastikan Kamu tidak secara sembarangan memilih pendukung, karena mereka nantinya akan mempromosikan produk Kamu ke pengisi mereka, yang seharusnya sesuai dengan audiens produk dan layanan Kamu.

Baca juga : Pendidikan Tidak Menjamin Kesuksesan ?

Karena jika tidak demikian, ada pemborosan karena kesalahan dalam pemilihan pendukung dan audiens yang mengikutinya.

9. Gunakan Akun Bisnis Instagram

Pastikan saat membuat akun Instagram untuk bisnis online, Kamu telah memilih akun tersebut ke akun bisnis sehingga nanti semua yang terkait dengan iklan dan promosi berbayar akan lebih mudah dilakukan.

Membuat akun bisnis untuk Instagram memerlukan halaman Facebook, jadi jangan lupa terlebih dahulu untuk membuat halaman Facebook untuk bisnis Kamu terlebih dahulu, dan kemudian Kamu dapat menghubungkannya dengan akun bisnis Instagram.

Baca Juga : 6 Cara Menghasilkan Uang dari Internet

10. Testimoni Pelanggan

Apakah ada pelanggan atau pembeli yang meninggalkan testimoni yang baik? jika ada jangan lupa screenshot dan memposting di akun Instagram untuk bisnis Kamu karena akan lebih meyakinkan bagi calon pelanggan yang belum pernah menggunakan produk atau layanan Kamu sebelumnya.

Tidak hanya testimonial yang diberikan melalui DM, tetapi juga testimonial yang diberikan melalui WhatsApp dan juga situs web (jika ada)

11. Tag Follower Kamu

Ketika bisnis online Kamu sudah memiliki sejumlah pembeli setia atau pengikut potensial, jangan lupa untuk menKamui mereka sehingga nanti mereka akan mendapatkan pemberitahuan ketika Kamu menawarkan produk atau promo terbaru.

Catatan, jangan selalu menKamui akun orang lain dalam satu posting, dan membatasi penggunaannya hingga maksimal 5 tag per posting Instagrams sehingga tidak mengganggu mereka.

12. Jangan Terlalu “Jualan”

Meskipun Akun Bisnis Instagram digunakan untuk menjual, Kamu tidak boleh penjualan yang sangat terlihat, yaitu menggunakan bahasa yang tidak terkesan untuk menawarkan produk meskipun Kamu benar -benar menawarkannya.

Istilah untuk itu adalah “soft selling”, yang dijual tetapi tidak secara terbuka dan to-the-point mengundang pembaca untuk membeli, tetapi pertama-tama dialihkan dengan sedikit cerita tentang masalah yang umumnya dialami tanpa produk atau layanan Kamu.

13. Usahakan Konten Selalu Relevan

Tips Jualan Online di Instagram selanjutnya adalah untuk memastikan konten yang Kamu posting terintegrasi dengan hal -hal yang relevan pada saat itu, atau istilah lain adalah topik yang menjadi viral untuk memikat lebih banyak pelanggan jadi jangan asal buat konten tanpa ada relevansi dengan apapun.

Ini dapat membuat Kamu “nebeng” tagar yang tren pada waktu -waktu tertentu, dan meningkatkan kemungkinan bisnis Kamu dilirik oleh banyak orang yang juga mengikuti tagar.

14. Berikan Promo yang Menarik

Metode promosi yang juga umumnya dilakukan oleh pebisnis online di Instagram adalah memberikan promo yang menarik dan masih terkait dengan penggunaan aplikasi, misalnya memberikan diskon ketika pengikut mencapai 10 ribu, atau posting dengan sebagian besar suka akan mendapatkan diskon, Dan seterusnya.

Tidak hanya harga diskon, Kamu juga dapat memegang hadiah menarik seperti kontes foto atau video yang akan diposting di Instagram, atau mengadakan kuis menebak dengan hadiah, atau kegiatan lain sesuai dengan kreativitas dan anggaran Kamu.

15. Berinteraksi dengan Target Market

Jangan lewatkan kesempatan Kamu untuk berinteraksi dengan audiens Kamu, apakah mereka pengikut atau bukan, dalam bentuk menanggapi pertanyaan yang diberikan di DM atau komentar.

Tingkat kesabaran yang tinggi sangat diperlukan disini, karena banyak pelanggan hanya bertanya-tanya saja tetapi tidak membeli, atau terlalu banyak pertanyaan dan juga masih tidak mengerti meskipun telah dijelaskan berkali -kali.

Jangan mudah diprovokasi emosi dan mudah untuk memblokir seseorang, apalagi karena mereka bertanya atau kamu merasa cape menjelaskan.

Kesimpulan

Menawarkan produk atau layanan melalui Instagram bukanlah hal yang mudah, dan bahkan cenderung memakan waktu, tetapi bukan berarti ini mustahil.

Catatan, selama Kamu ingin terus belajar dan memperbaiki kekurangan yang ada dari strategi saat ini, dan tidak berhenti mengevaluasi bagaimana pengembangan akun bisnis online Instagram Kamu, maka keberhasilan dan keberhasilan akan datang.

Semoga tips tentang penjualan online di Instagram ini dapat membantu Kamu dalam menaikan omset bisnis Kamu

Terima Kasih

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *

logo

Dapatkan 6+ sumber income di REBI, apa itu ? klik Disini

0812 2268 5659|@remotebisnis